Dukung Pengawas Pemilu, Kapolres Sragen Ikut Deklarasi Pilkada Damai - WARTA GLOBAL JATIM

Mobile Menu

Top Ads

Klik

Berita Update Terbaru

logoblog

Dukung Pengawas Pemilu, Kapolres Sragen Ikut Deklarasi Pilkada Damai

Monday 23 September 2024
SRAGEN, WARTAGLOBAL.id -- Kapolres Sragen, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, ikut menandatangani Deklarasi Pemilihan Damai bersama jajaran Forkopimda Sragen.

Kegiatah tersebut sebagai rangkaian dari acara Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Serentak, yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Sragen, Minggu (22/9/2024), di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen.

Deklarasi tersebut merupakan komitmen bersama untuk menjaga keutuhan NKRI serta melaksanakan pemilihan yang jujur, adil, bermartabat, dan bebas dari hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang.

Selain Kapolres Sragen, deklarasi ini juga ditandatangani oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati; Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Ricky Julianto Wuwung; serta perwakilan lainnya dari Forkopimda dan berbagai pemangku kepentingan pemilu.

Dalam keterangannya, Kapolres menguraikan bahwa apel siaga ini bertujuan mendukung tugas Bawaslu dalam mengawasi proses Pilkada 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sragen menyampaikan pentingnya peran pengawas dalam menjaga kelancaran dan keamanan proses pemilu serta memastikan netralitas dan integritas dalam pelaksanaannya.

Kapolres juga menegaskan dukungan penuh dari pihak kepolisian untuk menjaga stabilitas keamanan selama masa kampanye dan pemilihan, serta menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengawas pemilu yang hadir pada apel siaga ini.

Kapolres menyebutkan bahwa berbagai potensi kerawanan pemilu yang telah dipetakan dapat diantisipasi melalui pengawasan yang ketat dari seluruh jajaran pengawas.

Pengawasan ini menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam menjaga demokrasi selama Pilkada 2024.

Menurut dia, kehadiran para pengawas di tingkat kecamatan dan desa (PKD) sangat penting, dalam menjaga kelancaran dan keberhasilan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Berbagai potensi kerawanan pemilu yang telah dipetakan dapat diantisipasi melalui pengawasan yang ketat dari seluruh jajaran pengawas.

“Pengawasan ini menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam menjaga demokrasi selama Pilkada 2024," ungkap AKBP Petrus.

Kapolres juga menekankan pentingnya pengawasan khusus terhadap pemilih pemula, serta pengawasan terhadap penyebaran berita hoaks yang bisa memicu konflik atau ketidakstabilan di masyarakat.

Ia meminta para pengawas agar waspada dan aktif dalam mencegah berita yang belum terbukti kebenarannya.

“Kami Kepolisian Resor Sragen siap memberikan dukungan penuh kepada jajaran pengawas pemilu agar bisa menjalankan tugas dengan netralitas dan totalitas,“ tutupnya.

Selain bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Sragen, acara apel siaga dan deklarasi pengawasan pemilihan serentak ini dihadiri pula oleh perwakilan Partai Politik se-Kabupaten Sragen,dengan total peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 450 orang, termasuk jajaran pengawas dari tingkat kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dari 20 kecamatan di Kabupaten Sragen.

(Joko Susilo)

KALI DIBACA
Klik